You are here
Home > Psikologi Pendidikan > Pentingnya Pengajar yang Sukses

Pentingnya Pengajar yang Sukses

Sesunggunya termasuk tujuan pengajaran dan pendidikan adalah menumbuhkan kepribadian yang mempunyai sifat-sifat mulia. Kepribadian ini harus terikat dengan Rabbnya, aturan kehidupannya bersandar kepada-Nya dan dapat berperan dalam meluruskan masyarakatnya, membenarkan pemahaman-pemahaman mereka di atas asas-asa yang benar.

Termasuk perkara yang sudah diketahui bahwa pendidikan itu memiliki asas-asas yang tegak di atas asas-asas tersebut pendidikan itu tegak. Masing-masing asas berbeda sesuai dengan perbedaan masyarakat dan kedudukannya. Maka apabila asas-asas pendidikan dalam masyarakat komunis, misalnya akan terfokus kepada materi, menafikan aspek spritualitas dan memutuskan hubungan pelajar dengan Rabbnya.

Sedang, asas pendidikan pada masyarakat barat maka dibangun di atas monopoli, kapitalisme, dan penjajahan Adapun asas pendidikan pada masyarakat Islam dibangun di atas akidah yang sahih, kecerdasan emosional, adab yang tinggi yang terwujud pada hubungan siswa dengan Rabbnya, hubungan dengan guru dan temannya, urusan administrasi dengan sekolahnya dan juga hubungan dengan keluarganya.

Apabila kita ingin mewujudkan kepribadian seperti ini dalam amal nyata maka wajib atas kita untuk mengadakan pelajaran yang sukses dalam pendidikan dan pengajaran, dan pengajar ini harus terpenuhi syarat-syarat dan adab-adabnya sehingga menjadi pengajar yang sahih sehingga menjadi pendidik yang bermanfaat.

Wallahu ‘alam.

Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu rahimahullahu

Sumber: Kiat Sukses Mendidik Anak. Pustaka Al-Haura.

Nanang Ismail
Seorang guru dan pembelajar. Lulusan S1 Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang, pernah menjadi santri mukim di Ma'had Jamilurrahman Yogyakarta, dan alumni angkatan kedua Ma'had Online Ibnu Qudamah Bandung.
https://abuashim.com

Tinggalkan Balasan

Top
Read previous post:
Jika Istri Memaksa Suami Berjimak

Sebagai insan yang memiliki hasrat, wajar jika sepasang suami istri saling memberikan perhatian dalam perkara ini. Walau bagaimanapun juga, istri...

Close