You are here
Home > Manajemen Pendidikan > Pengertian Manajemen Pendidikan

Pengertian Manajemen Pendidikan

Manajemen pendidikan merupkan bagian dari manajemen pada umumnya karena manajemen bergerak dalam usaha memberikan layanan jasa untuk umum. Selain itu, banyaknya beban yang diberikan kepada manajemen sekolah, maka membuatnya memisahkan diri dari manajemen pada umum sejak munculnya sekolah-sekolah dan pesantren-pesantren modern di abad ke-20. Lembaga-lembaga tersebut telah memainkan perannya dalam rangka meningkatkan kemajuan masyarakat sekaligus membuat perkembangan dan kemajuan bagi lembaganya sendiri. Bertolak dari itu, dirasa sangat perlu untuk membuat suatu manajemen yang memperhatikan bidang pendidikan dan pengajaran guna mewujudkan bebagai tujuan yang menjadi harapan pemerintah.

Tentang kebutuhan program pendidikan dan pengajaran kepada suatu manajemen pendidikan, Sulaiman al-Haqil mengatakan, “Undang-undang pendidikan dan pengajaran membutuhkan suatu manajemen yang menjamin adanya kontrol atas pelaksanaan strategi pengajaran bagi pemerintah. Dengan cara menetapkan berbagai perencanaan dan program guna mengoperasikan proses pendidikan dan pengajaran sesuai dengan tujuan umum yang dikehendaki pemerintah. Manajemen pendidikan laksana pengawas umum bagi seluk-beluk pengajaran yang dilaksanakan oleh pemerintah. Dengan cara mengikuti teknik terbaik yang sesuai dengan berbagai tuntunan dan kebutuhan masyarakat luas dan filosofi pendidikan yang dianut.

Husain Muhdhar mendefinisakan manajemen pengajaran sebagai berikut, “Berbagai upaya yang terkordinir dan terorganisir guna membantu pendidikan dan pengajaran dalam usahanya mewujudkan tujuan-tujuan pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan tujuan-tujuan utama pengajaran.”

Dari berbagai uraian di atas, penulis dapat mengatakan bahwa manajemen pendidikan adalah sejumlah proses yang terorganisir yang memberikan bantuan kepada proses pendidikan dan pengajaran dalam rangka mewujudkan berbagai sasaran dan tujuan pendidikan sebagaimana yang ditetapkan oleh pemerintah di bidang pendidikan dan pengajaran.

Manajemen pendidikan sejalan dengan manajemen pada umumnya dalam pola dan proses kerja, seperti adanya unsur-unsur perencanaan, pengorganisasian,  dan lain sebagainya. Pengertian di atas sesuai dengan pengetian di bidang yang sama, yang ada di lingkungan manajemen pendidikan tinggi, misalnya dalam teknik pengajarannya. Manajemen pendidikan menetapkan berbagai tujuan umum pendidikan untuk dimasukkan dalam teknik pengajaran. Manajemen pendidikan menetapkan berbagai metode dan target-target capaian materi dan lain sebagainya, berupa tanggung jawab umum pengajaran. Manajemen pendidikan bertindak sebagai pengawas bagi pelaksana seluruh program yang telah ditetapkan sebagai manajemen sekolah. Di samping sebagai pengawas atas upaya-upaya yang jelas dalam rangka mencapai berbagai tujuan umum yang telah ditetapkan oleh manajemen pendidikan. Manajemen sekolah diumpamakan sebagai pusat pelaksananaan berbagai rencana pengajaran dan ia merupakan tempaat mewujudkan tujuan-tujuan yang telah ditetapkan oleh manajemen pendidikan. Sebagaimana ia telah memainkan peran besar mendorong proses pengajaran menuju strata yang tinggi, yang sekaligus memajukan masyarakat manakala dapat melaksanakan perannya dengan sebaik-baiknya.

Sumber: Sekolah Unggulan Bebasis Sirah Nabawiyah karya Nawwâl Ath-Thuwairaqi. Penerbit Darul Falah Jakarta. Hal. 30 – 31

Artikel: abuashim.com

Nanang Ismail
Pemilik laman abuashim.com. Seorang guru dan pembelajar. Alumni S1 Pendidikan Bahasa Indonesia UNNES. Pernah menjadi santri mukim di Pesantren Jamilurrahman Yogyakarta. Tertarik dengan dunia pendidikan dan pemikiran Islam.
https://abuashim.com

Tinggalkan Balasan

Top
Read previous post:
Tiga Hadits Poros Islam

❓ Tahukah Anda bahwa ada tiga hadits Islam itu berporos padanya. 📌 Al-Imam Ahmad bin Hanbal rahmatullah 'alaihi menyebutkan ketiga...

Close