You are here
Home > Psikologi Pendidikan > Makna Tarbiyah Secara Bahasa dan Istilah

Makna Tarbiyah Secara Bahasa dan Istilah

Penulis kitab Mufradâtu Gharîbi Al-Qur`ân menyebutkan definisi kata tarbiyah yaitu merawat pertumbuhan sesuatu sedikit demi sedikit hingga sampai pada batas yang sempurna.

Imam Al-Baidhawi rahimahullâh di dalam kitab tafsirnya berkata, “… tarbiyah artinya menyampaikan sesuatu ke batas yang sempurna setahap demi setahap.”

Berdasarkan makna ini maka makna murabbi adalah orang yang secara rutin merawat dan mengajarkan adab kepada seorang anak agar kelak ia menjadi orang yang dewasa dan shaleh. Dari sini Syaikh Al-Albani rahimahullâh di dalam kitabnya Madkhal ila At-Tarbiyah menyimpulkan kaidah tarbiyah ditinjau dari sisi bahasa dengan kesimpulan sebagai berikut,

  1. Merawat dan menjaga agar si anak tetap berada di atas fitrah.
  2. Memupuk bakat dan seluruh kecakapannya yang banyak dan beragam.
  3. Mengarahkan fitrah dan seluruh bakat ini ke arah yang bermanfaat hingga mencapai titik semourna yang layak untuk dirinya.
  4. Hal ini dilakukan dengan cara setahap demi setahap sebagaimana yang diisyaratkan oleh Imam Al-Baidhawi: setahap demi setahap, dan sebagaimana yang diisyaratkan oleh Ar-Raghib: sedikit demi sedikit.

Penulis kitab Ath-Thifl Al-Mitsâli berkata, “Merawat seorang anak secara kontinyu agar ia tumbuh dengan baik, kuat, dan sehat fisiknya; cerdas otakmya dan berkembang cara berpikirnya, hingga menjadi seorang yang bahagia dalam dirinya dan menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.”

Sumber: Ensiklopedi Anak. Karya Abu Abdillah bin Ahmad al-Isawi. Hal. 508. Penerbit Darus Sunnah Jakarta.

Nanang Ismail
Seorang guru dan pembelajar. Lulusan S1 Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang, pernah menjadi santri mukim di Ma'had Jamilurrahman Yogyakarta, dan alumni angkatan kedua Ma'had Online Ibnu Qudamah Bandung.
https://abuashim.com

Tinggalkan Balasan

Top
Read previous post:
Fakta dan Nasehat dari Syaikh Abdul Qadir al-Jailani

1⃣ Ada riwayat yang menjelaskan bahwa penasaban Syaikh kepada Sahabat Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu adalah tidak benar. Walaupun...

Close