You are here
Home > Manajemen Pendidikan > Manajer Sekolah

Manajer Sekolah

Manajer sekolah adalah pemimpin yang berhubungan langsung dengan skolah. Ia adalah panglima pengawal pendidikan yang melaksanakan fungsi kontrol berbagai pola kegiatan pengajaran dan pendidikan di dalamnya. Suksesnya sebuah sekolah tergantung pada kepribadian dan kemampuannya dalam bergaul dengan unsur-unsur masyarakat. Oleh sebab itu, kepala sekolah harus berupaya mewujudkan kondisi sosial yang mendukung kegiatan sekolah. Demi suksesnya dalam mengemban beban dan tugas, maka ia harus memiliki beberapa sifat berkaitan dengan kepribadiannya dan profesinya.

Sifat-Sifat Pribadi

Adapun kepala sekolah sebagai pengawal pendidikan di sekolahnya, maka ia harus memiliki sifat-sifat yang sesuai dengan ajaran-ajaran syariat Islam misalnya,

  • berkomitmen dengan norma-norma agama dalam berbicara dan berbuat,
  • memiliki kesiapan untuk berkorban dengan harta, mengutamakan kepentingan umum daripada pribadi,
  • suka bekerja sama dengan orang lain,
  • menghormati pendapat, dan
  • apresiatif terhadap kemampuan dan kelebihan orang lain, serta s
  • ifat-sifat lain yang dapat menambah kepercayaan orang lain kepada dirinya sebagai manajer pendidikan.

Sifat-Sifat Profesional

Manajer sekolah adalah pelaku berbagai peran di dalam lembaga pendidikan. Untuk dapat memainkan peran tersebut dengan sebaik-baiknya, maka ia harus memiliki sifat-sifat yang berkaitan dengan profesinya. Sebagaimana yang diketengahkan oleh Musthafa Mutawalli, yaitu:

  • berpengetahuan cukup mengenai tujuan-tujuan tersebut melalui berbagai kegiatan yang ada di sekolah,
  • bekerja sama dengan para guru, manajemen, dan para murid,
  • berkemampuan mengendalikan berbagai pertemuan resmi dengan menerapkan dasar-dasar syura dan kerja sama,
  • mampu berbuat berbagai keputusan yang tepat dalam berbagai kondisi yang ada,
  • mengetahui metode-metode pengajaran dan metode perencanaan yang baik untuk program-program kegiatan dan bagaimana cara pelaksanaan berbagai kegiatan pembelajaran tersebut,
  • harus mengetahui lingkungan yang meliputi sekolah dan berbagai kendala yang ada serta cara pemecahannya secara tepat, dan
  • memiliki pengetahuan tentang aspek pendanaan dan pengelolaan dana yang hal ini memiliki peran sangat pentng demi kesuksesan dalam mengemban amanah.

Berdasarkan sifat-sifat yang berkaitan dengan kepribadian dan profesionalisme, maka harus dipilih seorang manajer yang memiliki sifat-sifat tersebut sehingga lembaga pendidikan mampu mewujudkan tujuan dengan sebaik-baiknya karena keberadaan sifat-sifat yang demikian itu akan mendorong manajer dan para pelaksana untuk bekerja sama agar terjalin kerja sama berdasarkan saling percaya dan memenitingkan kepentingan orang banyak daripada kepentingan pribadi.

Sumber: Sekolah Unggulan Berbasis Sirah Nabawiyah. Karya Nawwal Ath-Thuwairaqi. Penerbit Darul Falah, Jakarta. Hal. 33 – 34.

Nanang Ismail
Pemilik laman abuashim.com. Seorang guru dan pembelajar. Alumni S1 Pendidikan Bahasa Indonesia UNNES. Pernah menjadi santri mukim di Pesantren Jamilurrahman Yogyakarta. Tertarik dengan dunia pendidikan dan pemikiran Islam.
https://abuashim.com

Tinggalkan Balasan

Top
Read previous post:
Bagaimana Mendidik Anak Agar Menjadi Shaleh

أجد صعوبة في تربية أبنائي وإصلاحهم , وفي أغلب الأحيان فأنا أغضب وأضربهم . أرجو أن تنصحني في هذا الخصوص...

Close