You are here
Home > Ulasan Aktual > Mengenal Al-Lajnah ad-Dâ’imah

Mengenal Al-Lajnah ad-Dâ’imah

Al-Lajnah ad-Dâ’imah lil-Buhûts al-‘Ilmiyyah wal-Iftâ (Komite Tetap untuk Riset Ilmiah dan Pusat Fatwa) merupakan sebuah lembaga yang didirikan bersamaan dengan Majelis Hai’ah Kibâr al-‘Ulama (Dewan Ulama Senior) oleh Raja Faishal bin Abdil Aziz al-Saud rahimahumullâhu pada 8 Rajab 1391 / 24 Agustus 1971. Komite Tetap ini memiliki wewenang untuk mengeluarkan keputusan dalam hukum Islam dan melakukan riset untuk Hai’ah Kibâr al-‘Ulama yang menasehati raja dalam urusan agama. Anggota komite ini terdiri atas para ulama senior termasuk di dalamnya Mufti Agung Saudi Arabia sebagai kepalanya.

Tujuan didirikannya komite ini ialah untuk melakukan riset ilmiah sebagai bahan pembahasan Hai’ah Kibâr al-‘Ulama dan mengeluarkan fatwa terkait isu-isu yang ada. Masyarakat dapat meminta fatwa kepada komte ini terkait berbagai macam permasalahan seputar fiqih Islam, hadits, aqidah, masalah kontemporer, dan lainnya. Sejak didirikannya, komite ini telah berkhidmah kepada kaum Muslimin di seluruh dunia dalam memberikan arahan dan keputusan terkait permasalahan yang mereka ajukan.

Dalam mengeluarkan fatwa, Al-Lajnah ad-Dâ’imah berusaha untuk teliti. Semua fatwa yang dikeluarkan berlandaskan Al-Qur`an, sunnah Nabi-Nya yang shahih, dan pemahaman para sahabat yang mendapat petunjuk.

Al-Lajnah ad-Dâ’imah dikepalai oleh Mufti Agung Kerajaan, antara lain:

  • Syaikh Muhammad bin Ibrahim alusy-Syaikh rahimahumullâhu (1953 – 1969)
  • Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahumullâhu (1993 – 1999)
  • Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah alusy-Syaikh hafizhahullâhu (1999 – sekarang )

Menurut keterangan di https://en.wikipedia.org/wiki/Grand_Mufti_of_Saudi_Arabia posisi ini sempat kosong rentang tahun 1969 – 1993.

Website Fatwa

Kita bisa membaca fatwa yang dikeluarkan Al-Lajnah ad-Dâ’imah di website resminya http://www.alifta.net/default.aspx?languagename=ar . Jangan khawatir jika Anda belum bisa berbahasa Arab, website in tersedia dengan berbagai macam bahasa diantaranya; bahasa Inggris, Urdu, Persia, Cina, Prancis, Turki, Spanyol, dan Indonesia. Tentunya yang paling up to date yang berbahasa Arab dan Inggris. Adapun yang berbahasa Indonesia kita bisa menikmati fatwa yang sudah diterjemahkan. Jika ingin memilih fatwa bisa buka “Peta Situs”, maka kita akan disuguhkan fatwa berdasarkan nomor, abjad, indeks dan lainnya. Dan kita pun bisa memilih ingin membaca fatwa Komite Tetap atau Fatwa Syaikh Ibnu Baz.

Selamat membaca dan mengambil faedah ilmu dan hikmah.

Di meja kerja, 06111438
Saudaramu yang sedang mereguk manisnya membaca.
Artikel: www.abuashim.com

Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Permanent_Committee_for_Islamic_Research_and_Issuing_Fatwas
https://en.wikipedia.org/wiki/Grand_Mufti_of_Saudi_Arabia
https://en.wikipedia.org/wiki/Council_of_Senior_Scholars_(Saudi_Arabia)

Nanang Ismail
Seorang guru dan pembelajar. Lulusan S1 Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang, pernah menjadi santri mukim di Ma'had Jamilurrahman Yogyakarta, dan alumni angkatan kedua Ma'had Online Ibnu Qudamah Bandung.
https://abuashim.com

Tinggalkan Balasan

Top