You are here
Home > Fatwa Ulama > Mana yang Lebih Baik Bagi Muslimah, Menuntut Ilmu atau Mengurus Rumah?

Mana yang Lebih Baik Bagi Muslimah, Menuntut Ilmu atau Mengurus Rumah?

Pertanyaan:

Mana yang lebih baik bagi seorang muslimah, mengurus rumah dan suaminya, atau mencurahkan waktunya untuk menuntut ilmu, dan memiliki pembantu rumah tangga?

Jawaban:

Alhamdulillah.

Ya, wajib bagi seorang muslimah untuk mendalami agamanya, tapi melayani, menaati suaminya, dan merawat anak juga merupakan kewajiban baginya.

Dia sebaiknya meluangkan waktu setiap hari untuk belajar meskipun hanya sedikit waktu yang ia punya. Atau dia meluangkan waktu untuk membaca dan sisa waktunya digunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Dengan seperti ini dia tidak akan meninggalkan kewajiban belajar dan mengurus rumah, anak-anak, dan tidak melimpahkan semua itu pada pembantu rumah tangganya.

Dalam hal ini, membagi waktu antara belajar meskipun sebentar dan mengurus rumah akan lebih baik untuk dia.

Syaikh Shalih al-Fauzan dalam Al-Fataawa al-Jaami’ah li’l-Mar’ah al-Muslimah, part 3, p. 1085.

Alih bahasa: Ummu ‘Aashim binti Rehad
Sumber: https://islamqa.info/en/20004
Artikel: www.abuashim.com

Nanang Ismail
Pemilik laman abuashim.com. Seorang guru dan pembelajar. Alumni S1 Pendidikan Bahasa Indonesia UNNES. Pernah menjadi santri mukim di Pesantren Jamilurrahman Yogyakarta. Tertarik dengan dunia pendidikan dan pemikiran Islam.
https://abuashim.com

Tinggalkan Balasan

Top
Read previous post:
Pembagian Tauhid Menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah

Siapa yang tak kenal dengan Al-Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullâhu? Seluruh kaum Muslimin terutama mereka yang bergerak di dunia dakwah pastilah...

Close