You are here
Home > Fatwa Ulama > Hukum Tepuk Tangan

Hukum Tepuk Tangan

ما حكم التصفيق في المناسبات؟

Apa hukum tepuk tangan dalam acara-acara resmi ?

الحمد لله وصلى الله وسلم وبارك على رسول الله، وعلى آله وصحبه
أما بعد

Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam serta keberkahan semoga selalu tersampaikan kepada Rasulullah, keluarganya dan para sahabatnya.

Amma ba’du.

فإجابة على سؤالك نقول وبالله التوفيق

Dengan memohon taufik dari Allah, jawaban dari pertanyaan Anda adalah sebagai berikut :

الظاهر أنه لا بأس به إذا كان تشجيعاً ولم يقترن به تصفير أو غيره من المحذورات، والمنهي عنه من التصفيق ما كان يفعله أهل الجاهلية من التصفيق على وجه التعبُّد لله بذلك

Secara zhahir hal ini tidak mengapa,  jika dimaksudkan untuk memberikan semangat dan tidak diiringi dengan siulan maupun selainnya yang dapat menimbulkan kerusakan. Tepuk tangan yang terlarang merupakan tepuk tangan yang seperti dilakukan oleh orang-orang Jahiliyah, yang di mana mereka melakukannya dalam rangka beribadah kepada Allah dengan hal itu.

Syaikh Prof. Dr. Khalid al-Muslih hafizhahullahu Ta’ala.

Sumber:
https://almosleh.com/ar/index-ar-show-16617.html

Tengaran, 05061439
Abahnya ‘Aashim

Nanang Ismail
Seorang guru dan pembelajar. Lulusan S1 Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang, pernah menjadi santri mukim di Ma'had Jamilurrahman Yogyakarta, dan alumni angkatan kedua Ma'had Online Ibnu Qudamah Bandung.
https://abuashim.com

Tinggalkan Balasan

Top
Read previous post:
Dzikir di Pasar dan Pusat Keramaian

Pasar merupakan bagian penting dalam sebuah masyarakat. Dengan adanya pasar, mereka akan lebih mudah memperoleh barang dan jasa kebutuhan sehari-hari....

Close